METODE BENIH TEBU BUD CHIP DI KEDIRI


Hai teman-temanJ
Kali ini, saya ingin membahas tentang pembenihan tebu Bud Chip di Kabupaten Kediri.
soalnya liburan natal tahun ini saya tidak pulang NTT.

Tahukah kalian?
Ternyata,
Kabupaten Kediri merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur yang memiliki kualitas pertanian yang baik. Hal ini di dukung karena letaknya yang berada di bawah kaki Gunung Kelud sehingga mayoritas jenis tanah yang berada di Kabupaten Kediri berjenis Aluvial.
Hampir semua jenis komoditas pertanian dapat dibudidayakan di Kabupaten Kediri. Salah satu komoditas pertanian yang cukup besar dikembangkan di Kabupaten Kediri adalah tanaman Tebu.
TEBU (Saccharum officinarum Linn) merupakan jenis tanaman tahunan yang memiliki usia panen antara 11 – 14 bulan. Budidaya tanaman tebu juga terbilang tidak sulit unuk dijalankan.
Randemen Tebu yang baik mempengaruhi kualitas dari Gula yang dihasilkan. Randemen yang baik dihasilkan dari penggunaan bibit yang berkuaitas. Pengembangan bibit tebu yang sering digunakan oleh petani saat ini adalah bibit biasa seperi bibit tebu bagal pada semua varietas tebu. Metode penggunaan bibit jenis ini memang sudah umum digunakan dan telah menghasilkan produksi yang nyata bagi petani. Namun jika kita keahui bersama, ada metode penggunaan bibit tebu yang dapat membatu meningkatkan nilai produksi petani yaitu dengan menggunakan bibit tebu Bud Chip.
 Image result for foto bibit tebu metode bud chipRelated image

                                                                                                               

Metode Bud Chip adalah teknologi percepatan pembibitan tebu dengan satu mata tunas yang diperoleh dengan menggunakan alat mesin bor. Metode pembibitan ini telah nyata dapat meningkatkan produksi petani, karena dalam satu mata tunas terdapat kurang lebih 10 anakan yang dihasilkan. Jumlah anakan ini sangat jauh berbeda dengan metode pembibitan bagal yang hanya menghasilkan kurang lebih 4 anakan saja dalam satu mata tunas.
Kelebihan dari metode bud chip antara lain :
1.    Menghasilkan jumlah anakan lebih banyak
2.    Presentase hidup tanaman lebih terjamin
3.    Penggunaan jarak tanam dapat disesuaikan
Di Kabupaten Kediri sendiri, pengembangan penggunaan bibit tebu Bud Chip sudah tersebar luas khususnya di Kecamatan Plosoklaten. Kecamatan Plosoklaten menjadi lokasi pengembangan bibit tebu Bud Chip dikarenakan lokasi pengembangan bibit tebu Bud Chip itu sendiri berada di Desa Jengkol Kecamatan Plosoklaten.
Adanya metode ini merupakan sebuah peluang adanya pengembangan produksi bibit tebu di Kabupaten Kediri dan sekitarnya.
Bagaimana pendapat kalian, liburan saya menarikkan?
Semoga bermanfaat....
Jangan bosan berkunjung ke blog saya J

Komentar

Postingan Populer